Labels

Blogroll

Labels

Jumat, 06 September 2019

Ketahui Dulu Filosofi Mengenakan Toga Wisuda Ketika Kelulusan

Ketahui Dulu Filosofi Mengenakan Toga Wisuda Ketika Kelulusan 


Ketika hari kelulusan kampus Anda diharuskan mengenakan toga sampai-sampai tampak apik dan bangga dengan hasil yang kita peroleh. Toga wisuda dapat Anda dapatkan dengan harga murah maupun mahal. Sebelum memilih toga wisuda murah dan mahal, terdapat baiknya untuk memahami filosofi mengenakan toga ketika kelulusan. Simak pembahasan berikut ini.


1. Warna Hitam yang Memiliki Makna Kegelapan
Ketika dilihat-lihat, bukankah toga melulu mempunyai satu warna yang dominan? Ya. Warna hitam yang sekarang diberi aksen biru, kuning dan lainnya sebagai penanda universitas. Tapi mengapa harus warna hitam yang penuh akan arti kegelapan? Warna hitam sejatinya memang mempunyai makna kegelapan, selain tersebut juga melambangkan kemuliaan dan menyerahkan kesan misterius. Jadi, filosofinya ialah toga yang diberi makna suatu kegelapan ini mesti sukses dikalahkan oleh seorang sarjana yang mengenakannya. Caranya ialah dengan memakai ilmu pengetahuan yang sudah ditempuh dan diperoleh selama masa perkuliahan. Artinya ialah ilmu yang kita dapatkan tersebutlah yang akan berjuang menarik kita dari kegelapan. Bagi warna hitam pada jubah hakim dan pemuka agama mempunyai makna kemuliaan dengan membawa dan membela kebenaran yang sukses menyelamatkan orang-orang dari kenistaan.


2. Topi Persegi yang Memiliki Makna Sudut Pandang
Meskipun harga toga wisuda murah bukan berarti tidak dilengkapi dengan topi. Nah, tahukah kita topi persegi yang dikenakan bersamaan dengan jubah toga mempunyai makna yang dalam. Bentuk topi yang persegi bermakna sudut pandang di mana mempunyai tujuan supaya mahasiswa yang sudah mendapatkan gelar sarjana dituntut supaya mempunyai pemikiran yang rasional. Kemudian semua sarjana juga diinginkan mampu beranggapan tidak melulu dari satu sudut pandang untuk mengamankan pemikiran yang dapat merusak tatanan kehidupan. Maka dari tersebut sering disebutkan oleh orang-orang di luar sana bahwa sarjana mesti mempunyai pemikiran yang luas dan masuk akal cocok dengan ilmu yang sudah diembannya. Meskipun ketika ini masih saja terdapat orang mempunyai pemikiran sempit seolah tidak pernah mengenyam pendidikan.


3. Pemindahan Tali Toga
Banyak yang menuliskan bahwa wisuda itu mudah dan hanya dilangsungkan sebentar, kenapa? Karena melulu perlu mengalihkan tali toga dari segi kiri ke sisi kanan. Benar saja, namun meskipun dilangsungkan sebentar proses saat menuju hari wisuda itu lumayan memakan waktu. Ternyata pekerjaan pemindahan tali toga itu mempunyai filosofi yang bagus. Jadi, tali yang terdapat pada topi toga diibaratkan sebagai benak yang mengenakannya. Pertama kali terletak di sebelah kiri topi sebab ketika masa perkuliahan berlangsung, mahasiswa lebih sering memakai otak kiri dalam berpikir. Otak kiri dipakai untuk bahasa dan hafalan yang sudah menjadi makanan sehari-hari semua mahasiswa. Ketika wisuda yang berarti mahasiswa telah menjangkau tujuan dalam proses perkuliahan, maka tali dipindah ke sisi kanan topi supaya nantinya benak kanan lebih digunakan. Penggunaan benak kanan seringkali erat kaitannya dengan daya imajinasi, inovasi serta kreativitas.


Jadi, setelah memahami filosofi yang terkandung ketika mengenakan toga wisuda, Anda hendak memilih toga wisuda murah atau mahal?

Info Kontak :


No Telepon         : 021 22730648
Fax                      : 021 7355533
Facebook            : https://www.facebook.com/Rumahjahit.page
Whatsapp            : 0877-8288-8730 / 0878-7570-9511 / 0813-1545-6872
Email                  : Nisa.rumahjahit@gmail.com
Website               : www.rumahjahit.com


Atau bisa juga kunjungi tempat kami yang berlokasi di : Jalan Ceger Raya No. 120 (Samping SDIP Baitul Maal), Pondok Aren, Tangerang Selatan.





Terima Kasih sudah berkunjung di Website kami, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi anda guna untuk pemahaman serta tambahan wawasan, pengetahuan dan referensi anda yang berminat dalam melakukan pembuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas masukan Anda akan sangat membantu pengembangan usaha Kami, dan mohon maaf kalau komentar Anda di moderasi.

Melayani pembuatan : Seragam Sekolah, seragam komunitas, seragam kampus, dan seragam kerja seperti : Baju Bengkel , Baju Kerja, Baju Kerja bagus , baju kerja batik , Baju Kerja Guru, Baju Kerja Harian , Baju Kerja Kepolisian , Baju Kerja Perawat , Baju Kerja Polisi, Baju Kerja Praktek, Baju Kerja Pria , Baju Kerja Satpam , Baju Kerja SPBU , Baju Kerja Terbaru , Baju Kerja termurah , baju kerja wanita .