Labels

Blogroll

Labels

Rabu, 14 November 2012

Konveksi Seprei Cipadu

Cipadu adalah sebuah wilayah di pinggiran Jakarta yang juga menjadi pusat sprei di Jakarta. Posisi tepatnya berada di pinggiran kotamadya Tangerang yang berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan. Predikatnya sebagai pusat grosir sprei bisa dibilang belum lama dipegang. Baru beberapa waktu belakangan ini saja. Berbeda dengan Tanah Abang yang sudah mendapat predikat pusat tekstil sejak puluhan tahun lalu. Disini banyak banyak berdiri toko-toko kain dan konveksi Cipadu.


Sejarah sentra sprei Cipadu

Sebelum menjadi pusat sprei Jakarta, Cipadu tadinya hanyalah wilayah perumahaan warga biasa. Dimana disini masih banyak terdapat tanah kosong. Di wilayah ini ada seorang juragan kontrakan bernama Haji Mualih, dia membangun banyak sekali kontrakan rumah di seantero Cipadu. Bisnis kontrakannya itu maju, hingga akhirnya dia ingin membangun mesjid. Sebagai biaya operasional mesjid tersebut, dia juga membangun beberapa petak toko di dekatnya untuk dikontrakkan. Petak toko inilah yang kemudian pada akhirnya berubah menjadi salah pusat sprei Jakarta yang terbesar.
Tadinya tidak ada niatan dan rencana sama sekali untuk menjadikan toko-toko tersebut sebagai pusat grosir sprei. Namun, secara kebetulan, kala itu pasar Tanah Abang baru saja terbakar. Kebakaran yang banyak mengundang kontroversi. Banyak pedagang Tanah Abang yang akhirnya memutuskan untuk pindah ke petak-petak toko di Cipadu ini. Keberadaan pedagang Tanah Abang ini akhirnya ikut menarik beberapa konsumen datang ke wilayah Cipadu. Para konsumen melihat Cipadu sebagai tempat yang jauh lebih nyaman untuk berbelanja tekstil dibandingkan Tanah Abang. Hal ini menarik lebih banyak lagi konsumen datang. Yang tentu saja berimbas pada lebih banyak lagi pedagang tekstil yang ingin membuka toko disini. Akhirnya dibangunlah begitu banyak sentra pertokoan di sepanjang sisi jalan Cipadu. Pertokoan-pertokoan itu lantas diisi oleh para pedagang yang ingin coba mengais rezeki disini. Hal ini menarik lebih banyak lagi konsumen datang ke Cipadu. Begitu seterusnya sampai Cipadu bisa menjadi besar dan terkenal sebagai pusat grosir sprei seperti sekarang ini.

Karakteristik pasar sprei Cipadu

Berbeda dengan Tanah Abang, Pasar Cipadu lebih punya fokus komoditi produk ke sprei dan bed cover. Coba saja Anda ketikkan keyword “cipadu” di Google. Maka yang muncul kebanyakan adalah tentang sprei dan bed cover. Hal ini karena memang disini lebih banyak penjual sprei dan bahan sprei ketimbang tekstil.

Jika di Tanah Abang, terdapat satu spot pertokoan yang besar, maka di Cipadu agak berbeda. Di Cipadu, pertokoan itu tersebar di banyak spot di sepanjang jalan raya Cipadu (yang jaraknya sekitar 2 KM). Jarak masing-masing pertokoan tersebut agak jauh untuk pejalan kaki, namun cukup dekat untuk yang membawa kendaraan. Masing-masing pertokoan memiliki tempat parkirnya sendiri, manajemennya sendiri, karakteristiknya sendiri. Namun, ada satu pertokoan terbesar dan paling ramai di Cipadu. Pertokoan tersebut tidak punya nama yang jelas, namun lokasinya cukup mudah ditemukan. Pertokoan terbesar dan teramai ini berada paling dekat dengan masjid raya Cipadu. Lebih tepatnya disamping masjid raya Cipadu. Pertokoan inilah yang mulanya dibangun dan menjadi titik awal berkembang cipadu sebagai sentra sprei Cipadu. Bagi Anda yang naik kendaraan umum, sebaiknya turun dan menjelajah sprei jakarta disini.

Di Cipadu, banyak Konveksi-konveksi sprei dan bed cover in-house. Mereka membuat sprei nya sendiri kemudian menjualnya. Atau ada juga yang fokus hanya membuat sprei untuk kemudian di-stock ke toko-toko sprei yang tersebar di sepanjang Cipadu. Kalau Anda jeli, Anda bisa mendapatkan toko yang juga merupakan produsen langsung. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan harga yang bahkan lebih murah lagi.

Bicara soal harga, untuk komoditas sprei dan bed cover. Sprei Cipadu seringkali jauh lebih murah dibandingkan Tanah Abang. Karena ya itu tadi, di Cipadu, banyak yang merupakan produsen langsung. Atau paling tidak produsennya masih berada di wilayah Cipadu ini juga. Selain itu, untuk produk sprei jakarta dan bed cover ini, pedagang Tanah Abang banyak juga yang mencarinya dari tempat ini untuk kemudian mereka jual lagi di tokonya.

Lain lagi dalam hal kenyamanan, Cipadu relatif masih sangat asri. Jauh lebih asri dibandingkan dengan Tanah Abang yang sudah sumpek sesak itu. Jumlah pembeli masih belum sebanyak Tanah Abang. Sehingga di Cipadu, Anda bisa lebih puas memilih-milih.

Itulah makanya di bagian awal kami sebut Cipadu sebagai surga tersembunyi untuk para pemburu sprei jakarta. Harga lebih murah. Suasana lebih nyaman. Pilihan lebih banyak. Walau memang cukup sulit dijangkau. Tapi yah… namanya juga surga. Dimana-mana yang namanya surga pasti sulit dijangkau kan ;) butuh perjuangan untuk bisa sampai ke surga :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas masukan Anda akan sangat membantu pengembangan usaha Kami, dan mohon maaf kalau komentar Anda di moderasi.

Melayani pembuatan : Seragam Sekolah, seragam komunitas, seragam kampus, dan seragam kerja seperti : Baju Bengkel , Baju Kerja, Baju Kerja bagus , baju kerja batik , Baju Kerja Guru, Baju Kerja Harian , Baju Kerja Kepolisian , Baju Kerja Perawat , Baju Kerja Polisi, Baju Kerja Praktek, Baju Kerja Pria , Baju Kerja Satpam , Baju Kerja SPBU , Baju Kerja Terbaru , Baju Kerja termurah , baju kerja wanita .