Rabu, 16 Januari 2013

MENGENAL KONVEKSI JEANS DAN BERBAGAI ISTILAH DIDALAMNYA



Jeans atau jins tentu sudah bukan barang asing lagi bagi masyarakat kita. Hampir semua orang menyukain benda ini karena dinilai nyaman dan hampir cocok untuk dipakai dalam semua kegiatan seperti jalan-jalan atau dipakai kuliah. Hanya saja benda ini kurang cocok Anda gunakan dalam acara yang bersifat formal karena dinilai kurang rapi atau kurang sopan dan terlihat terlalu santai bila memakainya di acara formal. Pengertian dari jeans itu sendiri sebenarnya adalah bentuk busana ataupun aksesoris olahan dari kain denim. Kain denim sendiri merupakan kain yang terbuat dari bahan alami seperti kapas atau sering kita sebut katun (cotton). Kain denim ini dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar lalu ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu. Biasanya jeans dibuat menjadi macam-macam model baju, jaket, celana panjang dan pendek, rok, topi, tas, dan laain-lain. Karena banyaknya minat terhadap jeans ini banyak bermunculan konveksi jeans disekitar kita. Bagi Anda yang berminat untuk terjun kedunia konveksi ini, sebaiknya Anda mengenal berbagain istilah-istilah berikut ini.
.       Kain Rantai
Diperlukan 2 komponen benang dalam teknik menjahit ini agar bisa membentuk rantai. Teknik jahitan ini dapat membuat jahitan semakin kuat daripada jahitan biasa. Jahitan ini biasanya digunakan dalam bagian pinggang dari jeans tersebut.
2.       Honeycomb / Whiskers
Adalah sebuah lipatan yang akan membentuk sebuah pola. Efeknya diperoleh jika kain denim yang keras dilipat dalam beberapa bagian seperti punggung dengan lutut paha dan atas.
3.       Paku Keling
Biasanya digunakan pada pinggiran tas. Terbuat dari tembaga.
4.       Arkuata
Istilah lain dalam konveksi jeans adalah arkurata atau daerah yang menyerupai lengkungan. Pertama digunakan oleh Levis di saku celana jeans belakang dengan dua jahitan.
Tentu kita semua sudah banyak mengenal merk busana jeans internasional terkenal seperti Levi's, Calvin Klein, Sergio Valente, Guess, Alfarizo, Lee, Cardinal, Lea, Wrangler, Lois, Carvil, JJ Jeans, dan Gabrielle. Namun ternyata di Indonesia sendiri banyak sekali bermunculan konveksi jeans di kota-kota besar seperti Bandung yang pusat grosirnya terletak di Majalaya dan kawasan Dago. Selain wilayah Jawa Barat, konveksi dibidang ini juga berkembang di wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Pekalongan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas masukan Anda akan sangat membantu pengembangan usaha Kami, dan mohon maaf kalau komentar Anda di moderasi.

Melayani pembuatan : Seragam Sekolah, seragam komunitas, seragam kampus, dan seragam kerja seperti : Baju Bengkel , Baju Kerja, Baju Kerja bagus , baju kerja batik , Baju Kerja Guru, Baju Kerja Harian , Baju Kerja Kepolisian , Baju Kerja Perawat , Baju Kerja Polisi, Baju Kerja Praktek, Baju Kerja Pria , Baju Kerja Satpam , Baju Kerja SPBU , Baju Kerja Terbaru , Baju Kerja termurah , baju kerja wanita .